Rabu, 30 Mei 2012

Analisis Fenomena Hujan Ikan, Katak dan Darah


The Rain of fishes  terjadi Honduras- Amerika Tengah. Peristiwanya selalu diawali dengan awan gelap,diikuti hujan lebat, guntur , dan angin kencang selama 2 - 3 jam, kemudian ratusan ikan ditemukan jatuh di tanah. Fenomena ini terjadi antara bulan Mei hingga Juli. Sejak tahun 1998, Fetival Hujan Ikan dirayakan setiap tahun di kota Yoro.


Serupa fenomena hujan ikan,pernah terjadi di Jepang tahun 2009, tepatnya di kota Taiwa, Nakanoto, Asahi, dan Kuki. Ikan-ikan yang jatuh berbentuk seperti ikan dan katak.

Fenomena aneh juga terjadi di Kerala India, fenomena ini dikenal dengan nama Hujan Darah di Kerala. Sebenarnya tidak hanya merah tetapi juga warna hijau, kuning , dan hitam, Namun karena warna merah mirip dengan darah maka kata “Hujan Darah” itu yang menjadi perhatian dunia.

Lalu, apa yang menyebabkannya? apakah fenomena ini berkaitan dengan peristiwa mistik? Jawabannya: tentu saja tidak.

Penyebab Fenomena

Fenomena ini terjadi karena Waterspout, yaitu pusaran angin yang menyedot air dan material yang terdapat di dalmnya dan di naikkan ke angkasa lalu terseber ke tempat lain.

Seperti dalam film berjudul Twister, Dalam kondisi badai petir, sebuah tornado mini bisa terbentuk. Ketika tornado mini ini bergerak melewati air dimana terdapat ikan atau kodok, angin ini akan mengangkat hewan-hewan tersebut hingga sejauh beberapa mil. Cepat atau lambat, hewan-hewan tersebut akan jatuh ke bumi. Dalam beberapa kasus, ada hewan yang masih hidup ketika jatuh ke bumi. Ini bisa menjelaskan mengapa dalam banyak kasus hujan hewan, hanya ditemukan hewan-hewan air tanpa adanya benda-benda darat seperti rumput atau kayu.

Mengenai hujan darah Kerala sendiri, pemerintah India bersama Centre for earth Science Studies telah mengeluarkan pernyataan resmi kalau penyebab warna merah tersebut adalah spora sejenis alga yang termasuk ke dalam genus Trentepohlia. Alga jenis ini memang banyak terdapat di wilayah Kerala. Jadi itu bukan darah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar